Powered By Blogger

Rabu, 15 Februari 2012

Sang Legenda Matic Ber-evolusi???


Posted by autoblogindonesia in ATPM, Yamaha.
trackback

Mio yang telah berkiprah sejak tahun 2003 telah sukses mengantarkan Yamaha sebagai pesaing kuat sang market leader Honda di Indonesia akan segera di ganti oleh penerusnya Mio-J. Saat ini telah banyak beredar photo photo spyshot dan bahkan di warung ijo sudah ada photo-photo New Mio yang berasal dari situs resmi Yamaha Thailand. Soal desain, fitur bahkan sampai warna warni yang bakal di keluarkan juga dibahas habis di dunia maya.
Saya mencoba untuk memandang dari sudut lain produk baru Yamaha yang sangat diharapkan (baca : harus) akan menjadi pengganti Mio CW yang sukses menjadi raja skutik sejak tahun pertama kelahirannya. Ada perbedaan yang sangat mendasar antara Mio CW dengan Mio J yang konon sudah injection. Mio generasi pertama menggebrak pasar pada saat kompetitor utama sesama asal Jepang mempunyai produk yang sejenis, sehingga menyandang predikat First Mover, di saat itu sudah ada produk Kymco, tapi tidak populer di pasar roda dua tanah air.  Vespa juga pernah bermain produk skuter otomatis dengan Corsa pada tahun 1993.

Di saat kompetitor Yamaha, yaitu Honda dan Suzuki mengikuti segmen pasar ini, mereka sudah kalah start dan image first mover benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Yamaha. Honda sebagai market leader bahkan perlu waktu 6 tahun untuk melengserkan Yamaha sebagai Raja Matik, tetapi belum berhasil mengkudeta Mio sebagai Raja Skutik 2011.
Situasi saat Mio J akan menggantikan Mio Cw sungguh berbeda, saat ini kompetitor utamanya, Honda Beat bahkan telah melampaui penjualan Mio pada kwartal terakhir tahun 2011, belum lagi Honda Spacy yang siap menerkam dengan fitur Helm in dan satu satunya skutik Honda yang berdesain head lamp di stang, sama seperti Mio. Suzuki juga siap menghadang dengan Nex dapat menjadi batu ganjalan New Mio. Di sini Yamaha Indonesia harus beberapa kali lebih jeli dan smart strategi untuk meluncurkan New Mio, bila suksesi ini tidak berjalan seperti yang direncanakan, maka peluang Yamaha untuk menyodok Honda seperti era tahun 2008~2010 dapat terulang lagi.

Saat ini Yamaha Indonesia sedang bekerja keras untuk Segmentation, Targeting dan Positining (STP) agar suksesi ini bisa berjalan lancar. Menurut penulis, untuk faktor dari Mio-J itu sendiri, faktor harga, fitur, desain dan value product itu sendiri harus diatas value produk kompetitornya, dari segi marketing STP harus tepat disertai dengan strategi marketing lainnya yang lebih smart dari kompetitornya. Kita tunggu gebrakan awalnya yang disinyalir bakal brojol Maret ini.